FORMULIR APLIKASI PENGAKUAN KOMPETENSI TERKINI (PKT)
FORMULIR APLIKASI PENGAKUAN KOMPETENSI TERKINI (PKT)
Bagian 1 : Rincian Data Peserta
Pada bagian ini, cantumkan data pribadi, data pendidikan formal serta data pekerjaan anda pada saat ini.
a. Data Pribadi
Nama lengkap |
: |
Mr. XYZ |
Tempat / tgl. lahir |
: |
JAKARTA, 01 Januari 1970 |
Jenis kelamin |
: |
Laki-laki / |
Kebangsaan |
: |
INDONESIA |
|
|
Kode pos : 123456 |
No. Telepon/E-mail |
: |
Rumah : 021.1234567, Kantor : 021. 2345678 |
|
|
HP : 08123456789, E-mail : xyz@yahoo.com |
b. Data Pendidikan (Hanya diisi dengan pendidikan formal terakhir dan dilampiri bukti dokumen)
Nama Sekolah/ Lembaga |
: |
DIVA UNIVERSITY, Filiphines |
c. Data Pekerjaan Sekarang
Nama Lembaga/ Perusahaan |
: |
RS. Sehat Sejahtera |
JAKARTA, 26 APRIL 2006
XYZ
Bagian 2 : Daftar Unit Kompetensi
Pada bagian 2 ini, cantumkan Unit Kompetensi yang anda ajukan untuk dinilai/diuji kompetensi dalam rangka mendapatkan pengakuan sesuai dengan latar belakang pendidikan, pelatihan serta pengalaman kerja yang anda miliki.
Unit kompetensi yang diajukan dapat berupa Unit Kompetensi Tunggal (Single Unit) maupun untuk sekelompok Unit Kompetensi (Cluster Units).
No. |
Kode Unit |
Judul Unit |
Keterangan |
Bagian 3 : Pelatihan dan Pengalaman Kerja
a. Pelatihan
Pada bagian ini, diisi dengan data-data pelatihan yang pernah anda ikuti yang relevan dengan Unit Standar Kompetensi yang akan dinilai. Tulislah data pelatihan anda dimulai dari urutan paling akhir (terkini).
Tanggal |
Nama Pelatihan |
Lembaga Pelatihan |
Selesai |
Tipe Bukti *) |
*) Lihat kode / tipe-tipe bukti pada bagian akhir halaman 3
b. Pengalaman Kerja :
Pada bagian ini, diisi dengan pengalaman kerja yang anda miliki yang relevan dengan kompetensi yang akan dinilai. Tulislah data pelatihan anda dimulai dari urutan paling akhir (terkini).
Nama Perusahaan |
Bidang Pekerjaan dan JabatanTerakhir |
Periode |
FT/ PT |
Tipe Bukti *) |
Keterangan : FT = Full Time, PT = Part Time
c. Pengalaman Lain yang relevan :
Pada bagian ini, diisi dengan pengalaman anda lainnya yang relevan terhadap unit-unit kompetensi yang akan dinilai.
Uraian Pengalaman |
Tipe bukti *) |
*) Lihat kode / tipe-tipe bukti pada bagian akhir halaman 3
Kode dan tipe-tipe bukti :
Kode bukti Tipe- tipe bukti
SK = Sertifikat atau kualifikasi (contoh : pelatihan, keakhlian) SR = Surat referensi dari supervisor/perusahaan mengenai pekerjaan anda
CP = Contoh pekerjaan yang pernah anda buat (produk jadi)
JD = ‘Job description’ dari perusahaan mengenai pekerjaan anda
WS = Wawancara dengan supervisor, teman sebaya atau klien
De = Demonstrasi pekerjaan/keterampilan yang dipersyaratkan
Pe = Pengalaman Industri (on the job training, magang, kerja praktek, dll)
L = Bukti-bukti lainnya yang relevan
Bagian 4 : Kompetensi / Elemen Kompetensi dan
Bukti Pendukung
Pada bagian ini, anda diminta untuk menghubungkan dan mencocokkan (matching) antara Kompetensi/ Elemen kompetensi dengan Bukti-bukti pendukung yang sudah dipersiapkan.
Tuliskan kembali bukti-bukti yang telah dicantumkan pada Bagian 1 dan 3 pada kolom bukti di bawah ini serta cantumkan kode bukti pada setiap item bukti yang anda tulis, disertai data-data/dokumen yang relevan sesuai dengan Kompetensi/Elemen Kompetensi *).
Untuk selanjutnya Asesor akan menilai kesesuaian bukti-bukti**) yang anda ajukan (valid, asli, terkini, memadai) serta membuat rekomendasi untuk penilaian lanjut ***).
Unit Kompetensi / Elemen Kompetensi |
Bukti (paling relevan) : RincianPendi-dikan/Pelatihan, Pengalaman Kerja, Pengalaman Hidup dan kode bukti *) |
Kesesuaian bukti **) |
Penilaian Lanjut ***) |
Rekomendasi : |
Peserta/Assessee : |
Bagian 5 : Perencanaan Penilaian
Unit Kompetensi (No. dan Judul) : KES.PG02.068.01
Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Oksigen
Nama Peserta |
: |
Tanggal/Waktu |
: 26 APRIL 2006 , 19.00 – 22.00 |
Penjelasan untuk Penilai dan Peserta :
1. Asesor memberikan bimbingan kepada peserta dalam mempelajari seluruh standar Kriteria Unjuk Kerja (KUK) yang dipersyaratkan, batasan variabel, panduan penilaian dan kompetensi kunci yang terdapat pada unit kompetensi dan yakinkan bahwa peserta sudah benar-benar memahami seluruh isinya.
2. Peserta diminta untuk melaksanakan penilaian mandiri sesuai dengan indikator unjuk kerja yang dipersyaratkan (gunakan form penilaian mandiri).
3. Penilai menjelaskan dan mendiskusikan metoda penilaian serta instrumen/sumber-sumber yang digunakan dalam penilaian dengan peserta (jenis-jenis metoda terdapat di bagian akhir form ini).
4. Penilai dan peserta menandatangi perencanaan penilaian.
Kriteria Unjuk Kerja |
Indikator Unjuk Kerja |
Metoda Penilaian |
Instrumen/ Sumber yang diperlukan |
3.1. Daftar kebutuhan alat pemberian oksigen diidentifikasikan sesuai standard |
· Dapat menunjukkan alat-alat yang harus dipersiapkan dalam pemberian oksigen (S) · Dapat mengenali alat jika adanya kekurangan dalam persiapannya (S) · Dapat meletakan alat sesuai dengan urutan penggunaannya (S) |
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi |
|
5.3. Respon pasien dianalisa |
· Dapat mengenali tanda-tanda gangguan akibat pemberian oksigen (S) · Dapat menilai respon pasien akibat pemberian oksigen (S) · Dapat menentukan gangguan pernafasan pasien (S) |
Tes tulis Wawancara
Wawancara |
|
5.4. Tindak lanjut dilakukan sesuai hasil evaluasi |
· Dapat menjelaskan upaya tindak lanjut pemberian oksigen (K) · Dapat menilai tindakan yang telah dilakukan dalam pemberian oksigen sesuai dengan tujuan (S) · Dapat mendokumentasikan hasil evaluasi pemberian oksigen (S) |
Wawancara
Wawancara
Demonstrasi |
|
Metoda – metoda yang digunakan dalam Penilaian /Uji Kompetensi :
1. |
Penilaian sendiri |
( ) |
7. |
Pemeriksaan produk |
( ) |
13. |
Bermain Peran |
( ) |
Catatan : |
Peserta : |
Bagian 6 : Pelaksanaan Penilaian
Unit Kompetensi (No. dan Judul) : ____________________________________________________________________
Nama Peserta |
: ______________________________ |
Tanggal/Waktu |
: _______________ , _____________ |
Penjelasan untuk Asesor :
1. Asesor mengorganisasikan pelaksanaan penilaian berdasarkan metoda dan instrumen/sumber-sumber penilaian seperti yang tercantum dalam perencanaan penilaian.
2. Asesor melaksanakan kegiatan pengumpulan bukti serta mendokumentasikan seluruh bukti pendukung yang dapat ditunjukkan oleh peserta sesuai dengan kriteria unjuk kerja yang dipersyaratkan.
3. Asesor membuat keputusan apakah peserta sudah Kompeten (K), Belum kompeten (BK) atau Penilaian Lanjut (PL), untuk setiap kriteria unjuk kerja berdasarkan bukti-bukti pendukung.
4. Asesor memberikan umpan balik kepada peserta mengenai pencapaian unjuk kerja dan peserta juga diminta untuk memberikan umpan balik terhadap proses penilaian yang dilaksanakan (kuesioner).
5. Asesor dan peserta bersama-sama menandatangani pelaksanaan penilaian.
Kriteria Unjuk Kerja |
Indikator Unjuk Kerja |
Kegiatan Pengumpulan Bukti |
Bukti-bukti Pendukung |
Keputusan |
Bagian 7: Rekomendasi Keputusan Penilaian/Uji Kompetensi
Nama Peserta : AGUS SUTARNA
Nama Asesor : _______________________________________ No. Reg. : ____________________
Nama Tenaga Ahli/
Subject Specialist (jika ada) : _______________________________________
Nomor Unit Kompetensi |
: KES.PG02.068.01
|
Peserta telah diberikan umpan balik/masukan dan diinformasikan hasil penilaian/uji kompetensi serta penjelasan terhadap keputusan yang dibuat. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, peserta : Direkomendasikan/Tidak direkomendasikan *) Untuk mendapatkan pengakuan terhadap unit kompetensi yang diujikan |
Nama Asesor :
_________________________ |
No. Reg.:
___________ |
*) Coret yang tidak perlu
Indikator Unjuk Kerja
Nomor Unit : KES.PG02.068.01
Judul Unit : Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Oksigen
Elemen Kompetensi |
Kriteria Unjuk Kerja |
Indikator Unjuk Kerja |
S/K/A |
Keterangan : *) S = Skill (Keterampilan), K = Knowledge (pengetahuan), A = Attitude (Sikap)
(Lanjutan)
Aspek – aspek |
Uraian |
Bagian 4 : Penilaian Mandiri
Penjelasan :
1. Asesor memberikan bimbingan kepada peserta dalam mempelajari seluruh standar Kriteria Unjuk Kerja (KUK) yang dipersyaratkan, batasan variabel, panduan penilaian dan kompetensi kunci serta hal-hal penting yang terkait dengan unit standar kompetensi dan yakinkan bahwa peserta sudah benar-benar memahami seluruh isinya.
2. Asesor meminta peserta untuk melaksanakan penilaian mandiri dengan mempelajari dan menilai kemampuan yang dimilikinya secara obyektif terhadap seluruh daftar pertanyaan yang ada, serta menentukan apakah dirinya sudah kompeten (K) atau belum kompeten (BK).
3. Apabila peserta menilai bahwa dirinya belum kompeten untuk sebagian item pertanyaan yang ada, disarankan untuk melakukan pelatihan terlebih dahulu sampai peserta merasa yakin dapat mendemonstrasikan item yang dinilainya belum kompeten tersebut tersebut.
Unit Kompetensi :Nomor : KES.PG02.068.01 Judul : Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Oksigen |
|||||
2. Kemungkinan hambatan dijelaskan
3. Indikator keberhasilan dijelaskan kpd pasien
· Apakah anda dapat menjelaskan hasil yang diharapkan dari pemberian oksigen kepada pasien ?
· Apakah anda dapat menunjukkan urut-urutan tindakan pemberian oksigen secara sistematis ?
· Apakah anda dapat menjelaskan critical points dalam pemberian oksigen ?
· Apakah anda dapat menjelaskan efek samping pemberian oksigen kepada pasien ?
· Apakah anda dapat memprediksi respon pasien yang dapat menghambat pemberian oksigen ?
· Apakah anda dapat menyebutkan faktor-faktor penghambat pemberian oksigen kepada pasien ?
· Apakah anda dapat menyebutkan respon pasien jika pemberian oksigen secara tepat terlaksana ?
· Apakah anda dapat menunjukkan indikator keberhasilan tindakan pemberian oksigen ?
· Apakah anda dapat menilai indikator keberhasilan pemberian oksigen ?
Catatan : |
Peserta : |
Penilaian Mandiri
Nama Peserta |
: AGUS SUTARNA |
Tanggal/Waktu |
: 26-0402006, 19.00 – 22.00 |
Pada bagian ini, anda diminta untuk menilai diri sendiri terhadap unit (unit-unit) kompetensi yang akan diujikan.
1. Pelajari seluruh standar Kriteria Unjuk Kerja (KUK) yang dipersyaratkan, batasan variabel, panduan penilaian dan kompetensi kunci serta yakinkan bahwa anda sudah benar-benar memahami seluruh isinya.
2. Laksanakan penilaian mandiri dengan mempelajari dan menilai kemampuan yang anda miliki secara obyektif terhadap seluruh daftar pertanyaan yang ada, serta tentukan apakah sudah kompeten (K) atau belum kompeten (BK).
3. Apabila anda menilai belum kompeten untuk sebagian item pertanyaan yang ada, disarankan untuk melakukan pelatihan terlebih dahulu sampai anda merasa yakin dapat mendemonstrasikan item yang dinilai belum kompeten tersebut.
Rekomendasi Asesor : |
Peserta : |
DAFTAR PERTANYAAN UJI KOMPETENSI
KUK |
INDIKATOR |
METODE |
PERTANYAAN |
1.1 |
· Dapat menjelaskan gejala yang timbul akibat kekurangan oksigen pada pasien (K) · Dapat menghitung frekuensi pernafasan dengan tepat (S) · Dapat mengenali jenis pernafasan akibat kebutuhan oksigen yang tidak terpenuhi (K) |
Tes Lisan
Demonstrasi
Tes Lisan |
Jelaskan gejala yang timbul akibat kekurangan oksigen pada pasien !
Tunjukan cara menghitung frekuensi pernafasan permenit !
Sebutkan jenis pernafasan yang timbul akibat kebutuhan oksigen yang tidak terpenuhi !
|
1.2 |
· Dapat menguraikan patifisiologi kekurangan oksigen (K) · Dapat mengelompokan data yang menunjang kondisi pasien (S) · Dapat mengatur kebutuhan oksigen pasien (S) |
Tes tulis
Demonstrasi
Demonstrasi |
Uraikan patofisiologi kekurangan oksigen !
Kelompokan data-data penunjang dalam menentukan kondisi pasien kekurangan oksigen !
Tunjukanlah cara mengatur kebutuhan normal orang sehat terhadap oksigen dengan berat badan 50 Kg ! |
1.3 |
· Dapat mendokumentasikan kebutuhan oksigen dalam catatan perkembangan pasien (K) · Dapat mengkomunikasikan kebutuhan pasien kepada rekan kerja & rekan profesi (S) |
Tes tulis
Demonstrasi |
Tuliskan contoh pendokumentasian tentang kebutuhan oksigen !
Tunjukkan cara mengkomunikasikan kebutuhan pasien kepada sesame perawat atau sejawat ! |
2.1 |
· Dapat menjelaskan hasil yang diharapkan dari pemberian oksigen kepada pasien (K) · Dapat menunjukkan urut-urutan tindakan pemberian oksigen secara sistematis (S) · Dapat menjelaskan critical points dalam pemberian oksigen (K) |
Tes Lisan
Demonstrasi
Tes Lisan |
Jelaskanlah hasil yang diharapkan dari pemberian oksigen kepada pasien !
Tunjukkanlah urutan tindakan pemberian oksigen secara sistematis !
Jelaskanlah hal-hal yang menjadi critical points dalam pemberian oksigen ! |
2.2 |
· Dapat menjelaskan efek samping pemberian oksigen kepada pasien (K) · Dapat memprediksi respon pasien yang dapat menghambat pemberian oksigen (K) · Dapat menyebutkan faktor-faktor penghambat pemberian oksigen kepada pasien (K) |
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes Lisan |
Jelaskan efek samping pemberian oksigen kepada pasien !
Bagaiman respon pasien yang dapat menghambat pemberian oksigen ?
Sebutkan faktor-faktor penghambat pemberian oksigen kepada pasien ! |
2.3 |
· Dapat menyebutkan respon pasien jika pemberian oksigen secara tepat terlaksana (K) · Dapat menunjukkan indikator keberhasilan tindakan pemberian oksigen (S) · Dapat menilai indikator keberhasilan pemberian oksigen (S) |
Tes Lisan
Demonstrasi
Demonstrasi |
Jelaskanlah respon pasien jika pemberian oksigen secara tepat terlaksana !
Tunjukkan tanda-tanda yang mengindikasikan keberhasilan tindakan pemberian oksigen !
Tentukan kondisi pasien yang mengindikasikan keberhasilan tindakan pemberian oksigen ! |
3.1 |
· Dapat menunjukkan alat-alat yang harus dipersiapkan dalam pemberian oksigen (S) · Dapat mengenali alat jika adanya kekurangan dalam persiapannya (S) · Dapat meletakan alat sesuai dengan urutan penggunaannya (S) |
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi |
Tunjukan alat-alat yang harus dipersiapkan dalam pemberian oksigen !
Apa yang anda lakukan jika ada kekurangan dalam persiapan alat !
Perlihatkanlah cara anda meletakan alat sesuai dengan urutan penggunaannya ! |
3.2 |
· Dapat menjelaskan fungsi masing-masing alat dengan benar (K) · Dapat menunjukkan urut-urutan penggunaan alat (S) · Dapat merangkai alat untuk memenuhi kebutuhan oksigen (S) |
Tes Lisan
Demonstrasi
Demonstrasi |
Jelaskanlah fungsi masing-masing alat dengan benar !
Tunjukkan urut-urutan penggunaan alat !
Rangkailah alat-alat untuk memenuhi kebutuhan oksigen dengan benar ! |
3.3 |
· Dapat menjelaskan kondisi alat yang siap dipakai (K) · Dapat mengenali jika ada kesalahan persiapan alat (S) · Dapat menilai persiapan alat (S) |
Tes Lisan Demonstrasi
Demonstrasi |
Bagaimanakah kondisi alat-alat yang siap dipakai ?
Tunjukkan cara mengenali tanda-tanda jika ada kesalahan persiapan alat !
Bagaimana cara mengecek bahwa persiapan alat telah tepat ? |
3.4 |
· Dapat menjelaskan potensi bahaya pemakai alat oksigen (K) · Dapat menjelaskan cara pencegahan bahaya pemakaian oksigen (K) · Dapat menunjukkan cara pencegahan bahaya pemakaian oksigen (S) |
Tes tulis
Tes tulis
Demonstrasi |
Jelaskanlah potensi bahaya pemakai alat oksigen !
Jelaskanlah cara pencegahan bahaya pemakaian oksigen !
Tunjukkanlah cara pencegahan bahaya pemakaian oksigen ! |
3.5 |
· Dapat menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan & kesterilan alat (K) · Dapat menilai peralatan oksigen bersih dan steril (S) · Dapat menunjukkan cara menjaga kebersihan & kesterilan alat oksigen (S) |
Tes tulis
Tes Lisan
Demonstrasi |
Jelaskanlah pentingnya menjaga kebersihan & kesterilan alat !
Tunjukkanlah menilai peralatan oksigen bersih dan steril !
Perlihatkanlah bagaimana cara anda menjaga kebersihan & kesterilan alat oksigen ! |
4.1 |
· Dapat menjelaskan cara membersihkan jalan nafas (K) · Dapat mengenali suara nafas dari jalan nafas yang bersih (S) · Dapat menunjukkan cara membersihkan jalan nafas (S) |
Tes tulis Demonstrasi
Demonstrasi |
Jelaskanlah cara membersihkan jalan nafas !
Perlihatkanlah bagaimana cara anda mengenali suara nafas dari jalan nafas yang bersih !
Tunjukkanlah cara membersihkan jalan nafas yang benar ! |
4.2 |
· Dapat menjelaskan posisi semi fowler (K) · Dapat menjelaskan potensi bahaya posisi semi fowler (K) · Dapat menunjukkan cara memposisikan pasien dalam posisi semi fowler (S) |
Tes tulis Tes Lisan
Demonstrasi |
Jelaskanlah cara memberikan posisi semi fowler pada pasien !
Jelaskanlah potensi bahaya posisi semi fowler pada pasien !
Demonstrasikanlah bagaimana cara anda memberikan posisi semi fowler pada pasien ! |
4.3 |
· Dapat menjelaskan urut-urutan cara membersihkan jalan nafas dengan sistematis (K) · Dapat mempersiapkan alat dan pasien untuk membersihkan jalan nafas (S) · Dapat menunjukkan kemampuan kerja dalam membersihkan jalan nafas (S) |
Tes tulis
Demonstrasi
Demonstrasi |
Jelaskanlah urut-urutan cara membersihkan jalan nafas dengan sistematis !
Perlihatkanlah kemampuan anda dalam mempersiapkan alat dan pasien untuk membersihkan jalan nafas !
Demonstrasikan kemampuan kerja dalam membersihkan jalan nafas pasien dalam berbagai kondisi ! |
4.4 |
· Dapat menjelaskan teknik-teknik memberikan oksigen (K) · Dapat menunjukkan urut-urutan pemberian oksigen dengan benar (S) · Dapat menentukan teknik pemberian oksigen yang sesuai kebutuhan pasien (S) |
Tes Lisan
Demonstrasi Demonstrasi |
Jelaskanlah teknik-teknik memberikan oksigen kepada pasien !
Tunjukkanlah urut-urutan tindakan pemberian oksigen kepada pasien dengan benar !
Pilihlah teknik yang tepat dalam pemberian oksigen yang sesuai kebutuhan pasien, jika pasien tidak kooperatif ! |
5.1 |
· Dapat menjelaskan potensial respon fisik pasien (K) · Dapat mengenali sesak nafas pasien (S) · Dapat menilai pola nafas pasien (S) |
Tes Lisan Demonstrasi
Demonstrasi |
Jelaskanlah potensi respon-respon fisik pasien selama dan sesaat setelah pemberian oksigen ! Tunjukkan cara mengenali sesak nafas pasien dalam menentukan perlunya pemberian oksigen ! Demonstrasikan pola nafas pasien yang mengindikasikan kebutuhan pemberian oksigen ! |
5.2 |
· Dapat menjelaskan potensial respon psikologis pasien (K) · Dapat mengenali keluhan pasien kurang istirahat (K) · Dapat menilai pola istirahat pasien (S) |
Tes Lisan Tes tulis
Demonstrasi |
Jelaskanlah potensi respon-respon psikologis pasien setelah pemberian oksigen ! Apakah adanya keluhan pasien kurang istirahat dapat dikaitkan dengan gangguan akibat pemberian oksigen ? Bagaimana cara anda menilai pola istirahat pasien setelah pemberan oksigen ? Tunjukkan ! |
5.3 |
· Dapat mengenali tanda-tanda gangguan akibat pemberian oksigen (S) · Dapat menilai respon pasien akibat pemberian oksigen (S) · Dapat menentukan gangguan pernafasan pasien (S) |
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi |
Perlihatkanlah cara anda mengenali tanda-tanda gangguan akibat pemberian oksigen !
Demonstrasikanlah cara anda menilai respon pasien akibat pemberian oksigen ! Bagaimanakah cara anda menentukan gangguan pernafasan pasien akibat pemberian oksigen ? Demonstrasikan ! |
5.4 |
· Dapat menjelaskan upaya tindak lanjut pemberian oksigen (K) · Dapat menilai tindakan yang telah dilakukan dalam pemberian oksigen sesuai dengan tujuan (S) · Dapat mendokumentasikan hasil evaluasi pemberian oksigen (S) |
Tes Lisan Demonstrasi
Demonstrasi |
Jelaskanlah upaya-upaya tindak lanjut pemberian oksigen yang dapat dilakukan terhadap pasien ! Tunjukkanlah kemampuan anda dalam menilai tindakan yang telah dilakukan dalam pemberian oksigen sesuai dengan tujuan !
Perlihatkanlah dokumentasi anda terhadap hasil evaluasi pemberian oksigen ! |
DAFTAR PERTANYAAN TES LISAN
No |
Pertanyaan |
Kunci Jawaban |
1 |
Jelaskan gejala yang timbul akibat kekurangan oksigen pada pasien ! |
|
2 |
Sebutkan jenis pernafasan yang timbul akibat kebutuhan oksigen yang tidak terpenuhi ! |
|
3 |
Jelaskanlah hasil yang diharapkan dari pemberian oksigen kepada pasien ! |
|
4 |
Jelaskanlah hal-hal yang menjadi critical points dalam pemberian oksigen ! |
|
5 |
Jelaskan efek samping pemberian oksigen kepada pasien ! |
|
6 |
Bagaiman respon pasien yang dapat menghambat pemberian oksigen ? |
|
7 |
Sebutkan faktor-faktor penghambat pemberian oksigen kepada pasien ! |
|
8 |
Jelaskanlah respon pasien jika pemberian oksigen secara tepat terlaksana ! |
|
9 |
Jelaskanlah fungsi masing-masing alat dengan benar ! |
|
10 |
Bagaimanakah kondisi alat-alat yang siap dipakai ? |
|
11 |
Tunjukkanlah menilai peralatan oksigen bersih dan steril ! |
|
12 |
Jelaskanlah potensi bahaya posisi semi fowler pada pasien ! |
|
13 |
Jelaskanlah teknik-teknik memberikan oksigen kepada pasien ! |
|
14 |
Jelaskanlah potensi respon-respon fisik pasien selama dan sesaat setelah pemberian oksigen ! |
|
15 |
Jelaskanlah potensi respon-respon psikologis pasien setelah pemberian oksigen ! |
|
16 |
Jelaskanlah upaya-upaya tindak lanjut pemberian oksigen yang dapat dilakukan terhadap pasien ! |
|
DAFTAR PERTANYAAN TES TULIS
No |
Pertanyaan |
Kunci Jawaban |
1 |
Uraikan patofisiologi kekurangan oksigen ! |
|
2 |
Tuliskan contoh pendokumentasian tentang kebutuhan oksigen ! |
|
3 |
Jelaskanlah potensi bahaya pemakai alat oksigen ! |
|
4 |
Jelaskanlah cara pencegahan bahaya pemakaian oksigen ! |
|
5 |
Jelaskanlah pentingnya menjaga kebersihan & kesterilan alat ! |
|
6 |
Jelaskanlah cara membersihkan jalan nafas ! |
|
7 |
Jelaskanlah cara memberikan posisi semi fowler pada pasien ! |
|
8 |
Jelaskanlah urut-urutan cara membersihkan jalan nafas dengan sistematis ! |
|
9 |
Apakah adanya keluhan pasien kurang istirahat dapat dikaitkan dengan gangguan akibat pemberian oksigen ? |
|
DAFTAR KEGIATAN DEMONSTRASI
No |
Pertanyaan |
1 |
Tunjukan cara menghitung frekuensi pernafasan permenit ! |
2 |
Kelompokan data-data penunjang dalam menentukan kondisi pasien kekurangan oksigen ! |
3 |
Tunjukanlah cara mengatur kebutuhan normal orang sehat terhadap oksigen dengan berat badan 50 Kg ! |
4 |
Tunjukkan cara mengkomunikasikan kebutuhan pasien kepada sesame perawat atau sejawat ! |
5 |
Tunjukkanlah urutan tindakan pemberian oksigen secara sistematis ! |
6 |
Tunjukkan tanda-tanda yang mengindikasikan keberhasilan tindakan pemberian oksigen ! |
7 |
Tentukan kondisi pasien yang mengindikasikan keberhasilan tindakan pemberian oksigen ! |
8 |
Tunjukan alat-alat yang harus dipersiapkan dalam pemberian oksigen ! |
9 |
Apa yang anda lakukan jika ada kekurangan dalam persiapan alat ! |
10 |
Perlihatkanlah cara anda meletakan alat sesuai dengan urutan penggunaannya ! |
11 |
Tunjukkan urut-urutan penggunaan alat ! |
12 |
Rangkailah alat-alat untuk memenuhi kebutuhan oksigen dengan benar ! |
13 |
Tunjukkan cara mengenali tanda-tanda jika ada kesalahan persiapan alat ! |
14 |
Bagaimana cara mengecek bahwa persiapan alat telah tepat ! |
15 |
Tunjukkanlah cara pencegahan bahaya pemakaian oksigen ! |
16 |
Perlihatkanlah bagaimana cara anda menjaga kebersihan & kesterilan alat oksigen ! |
17 |
Perlihatkanlah bagaimana cara anda mengenali suara nafas dari jalan nafas yang bersih ! |
18 |
Tunjukkanlah cara membersihkan jalan nafas yang benar ! |
19 |
Demonstrasikanlah bagaimana cara anda memberikan posisi semi fowler pada pasien ! |
20 |
Perlihatkanlah kemampuan anda dalam mempersiapkan alat dan pasien untuk membersihkan jalan nafas ! |
21 |
Demonstrasikan kemampuan kerja dalam membersihkan jalan nafas pasien dalam berbagai kondisi ! |
22 |
Tunjukkanlah urut-urutan tindakan pemberian oksigen kepada pasien dengan benar ! |
23 |
Pilihlah teknik yang tepat dalam pemberian oksigen yang sesuai kebutuhan pasien, jika pasien tidak kooperatif ! |
24 |
Tunjukkan cara mengenali sesak nafas pasien dalam menentukan perlunya pemberian oksigen ! |
25 |
Demonstrasikan pola nafas pasien yang mengindikasikan kebutuhan pemberian oksigen ! |
26 |
Bagaimana cara anda menilai pola istirahat pasien setelah pemberan oksigen ? Tunjukkan ! |
27 |
Perlihatkanlah cara anda mengenali tanda-tanda gangguan akibat pemberian oksigen ! |
28 |
Demonstrasikanlah cara anda menilai respon pasien akibat pemberian oksigen ! |
29 |
Bagaimanakah cara anda menentukan gangguan pernafasan pasien akibat pemberian oksigen ? Demonstrasikan ! |
30 |
Tunjukkanlah kemampuan anda dalam menilai tindakan yang telah dilakukan dalam pemberian oksigen sesuai dengan tujuan ! |
31 |
Perlihatkanlah dokumentasi anda terhadap hasil evaluasi pemberian oksigen ! |